Peran Anwar Ibrahim dalam Politik Pemerintahan Malaysia

Anwar Ibrahim dikenal sebagai sosok cendekiawan, politikus, dan aktivis yang tergabung dalam berbagai organisasi baik diluar pemerintahan atau pun organisasi Politik Pemerintahan negara Malaysia. Dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya, jiwa pemimpin, pantang menyerah serta sifatnya yang rela berkorban demi tanah air maka dapat menarik simpati Mahathir Muhammad, sosok perdana menteri senior Malaysia yang sudah sangat lama menjabat di Parlemen. Beliau membawa Anwar Ibrahim untuk turut serta gabung dalam pemerintahan. Awal mula Anwar bergabung dalam pemerintahan, ia mendapat jabatan sebagai salah satu anggota parlemen di dapil kawasan Permantang Pauh sampai berhasil di lantik menjadi wakil perdana menteri dalam kabinet.

Anwar Ibrahim menjadi anggota parlemen dalam kementrian berawal dari tahun 1983. Ditandai dengan dilantiknya menjadi Menteri Kebudayaan, Belia dan Sukan Malaysia (Menteri Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga) Setelah menyelesaikan jabatan itu, ia kembali di anugrahi jabatan sebagai Menteri Keuangan pada tahun 1991. Selain berperan dalam beberapa bidang kementrian, Anwar Ibrahim juga banyak berperan dalam pembentukan Bank Perekonomian Nasional, dengan nama Bank Islam, dalam pembentukan serta pengorganisasian Bank ini, Anwar Ibrahim telah berhasil menghabiskan banyak waktu serta pengabdiannya untuk kemajuan aktivitas perbankan didalamnya. Tidak hanya itu, sosok Anwar Ibrahim juga telah banyak dikenal sebagai salah satu orang yang sangat antusias dan berkomitmen tinggi di mata dunia mengenai usahanya dalam dunia pemerintahan dan perbankan ini. Sampai-sampai mendapat banyak dukungan dari beberapa negara-negara Islam dunia, salah satunya seperti Arab Saudi.

Disamping beberapa prestasi yang telah berhasil diraihnya, Anwar Ibrahim juga tetap tergabung dalam organisasi partai politik UMNO, yang mana di dalamnya ia juga menjabat sebagai Presiden UMNO. Pada saat yang bersamaan, sekitar tahun 1993, bulan November ia juga kembali dianugrahi jabatan oleh Pemerintahan Malaysia sebagai wakil perdana menteri Malaysia. Bagaimana menurut Anda? apakah Anwar Ibrahim sosok negarawan yang inspiratif dan berkualitas? Betul sekali, Anwar Ibrahim merupakan sosok negarawan yang layak untuk dicontoh dan dikagumi terutama bagi masyarakat Malaysia.

One Reply to “Peran Anwar Ibrahim dalam Politik Pemerintahan Malaysia”

  1. Seperti yang telah saya amati sebelumnya, sementara kebijakan luar negeri Malaysia selama lima dekade terakhir ini memiliki beberapa fitur tradisional secara luas, termasuk membina hubungan yang lebih dekat dengan negara-negara tetangga, memperluas peran negara itu dalam forum regional dan global, dan berusaha untuk menjaga keseimbangan antara negara-negara besar. kekuatan, termasuk tetapi tidak terbatas pada Amerika Serikat dan Cina, tentu saja ada perubahan di tengah kontinuitas itu. Misalnya, kebijakan luar negeri Malaysia di bawah Najib Razak, yang menjabat sebagai perdana menteri selama sekitar satu dekade sebelum pemecatannya yang mengejutkan dalam pemilihan Mei lalu, telah melihat beberapa keberhasilan, dari pemanasan relatif hubungan Malaysia-Singapura hingga penanaman hubungan yang lebih baik dengan Washington , tetapi juga tantangan signifikan, termasuk sedikit anggaran pertahanan, ekonomi yang berkinerja buruk, dan negara yang lebih terpecah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *