Konsep Kepemimpinan oleh Anwar Ibrahim

Anwar Ibrahim sebagai sosok pemimpin yang berjiwa nasionalis, rela berkorban dan pantang menyerah juga dikenal sebagai sosok negarawan yang berkualitas di kancah nasional ataupun internasional. Tidak heran lagi, Beliau bisa membawa nama baik Malaysia di mata dunia bersama dengan Mahathir Muhammad sebagai sosok perdana menteri seniornya di Malaysia. Ditambah lagi, berkat Anwar Ibrahim, Malaysia banyak mendapat dukungan dari beberapa negara-negara di dunia dalam berbagai aspek kerja sama politik, pemerintahan atau hubungan kerjasama antar negara yang berhasil diraihnya. Di dalam dunia pemerintahan Malaysia, ia pernah tergabung dalam anggota parlemen, kementrian bahkan wakil perdana menteri. Jadi, tidak heran apabila ia berhasil meraih banyak prestasi yang dapat membawa nama baik negaranya.

Dari berbagai jabatan pemerintahan yang pernah diamanatkan kepadanya, beliau mempunyai beberapa konsep atau prinsip dasar khusus yang selalu ia jalankan saat menjabat di Parlemen Malaysia. Penasaran kira-kira apakah yang menjadi Konsep Kepemimpinan Anwar Ibrahim? Langsung saja simak uraian di bawah ini :

1. Menekankan Kesejahteraan Masyarakat dan Keadilan
Menurut sudut pandang Anwar Ibrahim, sebagai seorang pemimpin harus respect dan peka terhadap suara dan aspirasi rakyat. Serta merealisasikan segala sesuatu secara transparan, serta melakukan berbagai pendekatan yang melibatkan rakyat secara langsung. Hal ini dilakukan untuk kesejahteraan, pemerataan dan keadilan.

2. Mengedepankan Konsep Syura’ (Musyawarah dalam Islam) yang mana tetap menjunjung tinggi terwujudnya keadilan dan demokrasi.

3. Kekuasan bukanlah segalanya. Konsep ini sangat dijunjung tinggi oleh Anwar Ibrahim, sebagai wujud ketidak sombongannya serta ia tetap teguh pada argumennya yang menyatakan bahwa kekuasaan bukan segalanya, melainkan hanya titipan. Ia juga menyampaikan bahwa seseorang mempunyai kekuasaan, akan tetapi tidak mempunyai gagasan atau ide itu juga tidak berarti, karena melalui sebuah kekuasaan itulah seseorang dapat mengutarakan dan menyuarakan gagasannya.

Selain beberapa konsep kepemimpinan yang dimilikinya, ia juga tetap menjunjung tinggi rasa nasionalisme, demokrasi dalam mempertahankan keutuhan serta memajukan negaranya. Ditambah lagi, Anwar Ibrahim juga merupakan sosok negarawan inspiratif yang memang sudah diakui oleh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *